Dinamika
perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 menuntut kesiapan para pendidik
untuk selalu membuka diri terhadap setiap perubahan yang terjadi. Salah satu hal
terpenting dalam perubahan kurikulum tersebut adalah bagaimana merubah pola
pikir (mindset) pendidik dalam
mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan
pendekatan kurikulum 2013 yang baik dan benar.
Pengembangan
kompetensi berkelanjutan bagi para pendidik harus menjadi concern bagi setiap
stake holder Pendidikan. Untuk itu, KKG PAI SD Kabupaten Mamuju Utara mengadakan
Bimbingan Teknis Pembelajaran Kurikulum 2013 bagi segenap guru Mapel PAI dan BP
(Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) di Kabupaten Pasangkayu.
Uraian kegiatan ini
dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.
Waktu Pelaksanaan
Kegiatan
Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 4 sampai
dengan 6 Februari 2018 atau setara dengan 32 jam. Adapun penyelenggara Diklat
ini adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD. Kab. Mamuju Utara
2.
Jenis Kegiatan
Metode pelatihan disajikan disajikan dengan
metode yang menekankan pada partisipasi aktif setiap peserta. Metode yang
digunakan antara lain: presentasi materi, diskusi, dinamika kelompok atau
individu (Brain Writing, Brain Storming), dan kerja/tugas individu.
Adapun kegiatan ini dapat dideskripsikan sebagai berikut:
Nama
kegiatan : Bimtek Pengembangan
Pembelajaran dan
Penilaian Hasil Belajar Kurikulum
2013
Instansi
Pelakasana : Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kab. Mamuju
Utara.
Tempat
Kegiatan : Café Boendja - Pasangkayu
Waktu
Pelaksanaan : Tanggal, 4 – 6 Februari 2018
Peserta : Guru Kelas, PAI dan Olahraga yang merupakan anggota
KKG
Gugus III Kec. Pasangkayu Kab.
Mamuju Utara
3.
Tujuan Kegiatan
Secara garis besar
penyelenggaraan diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta agar
dapat mengimplementasikan pendekatan scientific dalam pembelajaran serta
metode-metode pembelajaran model kooperatif dan mampu mengimplementasikannya
dalam system penilaian.
4.
Uraian Materi
Materi pengembangan
diri ini dapat dideskripsikan sebagaimana berikut ini:
1)
Pendekatan scientific
dalam pembelajaran
2)
Pengembangan metodologi
pembelajaran.
3)
Pengembangan rancangan
Model Pembelajaran
4)
Penilaian Hasil Belajar
5.
Tindak Lanjut Kegiatan
a)
Menerapkan pendekatan
scientific dalam proses pembelajaran.
b)
Menerapkan
metode-metode pembelajaran model kooperatif dalam preses pembelajaran.
c)
Melakukan penilaian
hasil belajar
d)
Pengisian raport
kurikulum 2013.
6.
Dampak Kegiatan
Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan
kemampuan peserta dalam memahami konsep, dan tekhnis penerapan metode-metode
pembelajaran dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Disamping itu, peserta juga dapat
melakukan penilaian hasil belajar sampai pada penulisan raport berdasarkan
kurikulum 2013.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar