Senin, 19 Maret 2018

Bimtek Pembelajaran 2013



Dinamika perubahan kurikulum dari KTSP ke Kurikulum 2013 menuntut kesiapan para pendidik untuk selalu membuka diri terhadap setiap perubahan yang terjadi. Salah satu hal terpenting dalam perubahan kurikulum tersebut adalah bagaimana merubah pola pikir  (mindset) pendidik dalam mempersiapkan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan pendekatan kurikulum 2013 yang baik dan benar.

Pengembangan kompetensi berkelanjutan bagi para pendidik harus menjadi concern bagi setiap stake holder Pendidikan. Untuk itu, KKG PAI SD Kabupaten Mamuju Utara mengadakan Bimbingan Teknis Pembelajaran Kurikulum 2013 bagi segenap guru Mapel PAI dan BP (Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti) di Kabupaten Pasangkayu.
Uraian kegiatan ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

 







1.    Waktu Pelaksanaan Kegiatan
Diklat ini diselenggarakan pada tanggal 4 sampai dengan 6 Februari 2018 atau setara dengan 32 jam. Adapun penyelenggara Diklat ini adalah Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI SD. Kab. Mamuju Utara

2.    Jenis Kegiatan
Metode pelatihan disajikan disajikan dengan metode yang menekankan pada partisipasi aktif setiap peserta. Metode yang digunakan antara lain: presentasi materi, diskusi, dinamika kelompok atau individu (Brain Writing, Brain Storming), dan kerja/tugas individu. Adapun kegiatan ini dapat dideskripsikan sebagai berikut:
Nama kegiatan         : Bimtek Pengembangan Pembelajaran dan
                                    Penilaian Hasil Belajar Kurikulum 2013
                                 
Instansi Pelakasana : Kelompok Kerja Guru (KKG) PAI Kab. Mamuju Utara.

Tempat Kegiatan   : CafĂ© Boendja - Pasangkayu

Waktu Pelaksanaan : Tanggal, 46 Februari 2018

Peserta          : Guru Kelas, PAI dan Olahraga yang merupakan anggota
                                    KKG Gugus III Kec. Pasangkayu Kab. Mamuju Utara


3.    Tujuan Kegiatan
Secara garis besar penyelenggaraan diklat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta agar dapat mengimplementasikan pendekatan scientific dalam pembelajaran serta metode-metode pembelajaran model kooperatif dan mampu mengimplementasikannya dalam system penilaian.


4.    Uraian Materi
Materi pengembangan diri ini dapat dideskripsikan sebagaimana berikut ini:
1)      Pendekatan scientific dalam pembelajaran
2)      Pengembangan metodologi pembelajaran.
3)      Pengembangan rancangan Model Pembelajaran
4)      Penilaian Hasil Belajar

5.    Tindak Lanjut Kegiatan
a)       Menerapkan pendekatan scientific dalam proses pembelajaran.
b)      Menerapkan metode-metode pembelajaran model kooperatif dalam preses pembelajaran.
c)       Melakukan penilaian hasil belajar
d)      Pengisian raport kurikulum 2013.

6.    Dampak Kegiatan
Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta dalam memahami konsep, dan tekhnis penerapan metode-metode pembelajaran dalam proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Disamping itu, peserta juga dapat melakukan penilaian hasil belajar sampai pada penulisan raport berdasarkan kurikulum 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar